Ozawa : “You are so special, Indonesia..!”

17 11 2009

Problem :

Geger luarbiasa terjadi ketika dilansir kepastian pembuatan film “Menculik Miyabi”.

Banyak yang tertipu hunting dvd-nya di Glodok. Mau dapat film action “motivator ulung”, malah dikerjain pedagang. Isi dvd-nya ternyata film Tom & Jerry.

Banyak aktor ngebel sutradara dan produser merengek ikut berperan dalam film tersebut. Ga dibayar ga pa2 deh.

Ehem…ehem…ada yang booking “dinner bersama Miyabi” ga ya? Kalo saya produsernya, pasti ada tuh. Satu orang 100 juta mungkin tetap banyak yang mau ya? Wah kalo tarif malamnya mah terserah masing-masing. Ehem…apa memang direncanakan juga ya?

Siapa sih atau apa sih Miyabi?

Miyabi adalah sebuah seri film dvd porno yang dibintangi oleh seorang Maria Ozawa. Paras dan bodinya yang cantik memang telah menjadi motivator serta konsultan ulung para pria.

Kembali kepada soal protes.

Banyak protes dilayangkan atas dasar predikat pekerjaan Maria Ozawa. Padahal Sutradara film, “Menculik Miyabi”,Rako Prijanto, telah menyakinkan bahwa Maria Ozawa tidak akan tampil sebagai sang “motivator” Miyabi.

Lepas dari pro dan kontra tersebut…

Jika Anda adalah Marketing / Brand Manager

Ada 2 Tantangan kali ini:

1) Bila Maria Ozawa tidak akan berperan sebagai sang “motivator” Miyabi, apakah film ini bisa laku terjual? Ingat, orang mengenal Maria Ozawa dari image-nya. Jangan-jangan datang menonton juga karena berharap membayangkan sang “motivator”. Gimana caranya supaya laku terjual?

2) Masih ingat film “Hancook”, dimana ada seorang PR consultant yang membantu Hancock berubah menjadi seorang superhero yang dicintai masyarakat ? Bila Anda adalah seorang PR consultant, strategi apakah yang akan Anda lakukan untuk mengubah citra seorang Maria Ozawa? Perubahan dandanan atau pakaian saja hanyalah asesoris penguat image saja.

Solution – Marketing Club 3rd Winner ISeNG XVIII

Pertanyaan tentang bagaimana supaya film itu laku, cukup sederhana, karena nama Miyabi sendiri sudah membuat buzz yang cukup besar sehingga film itu ditunggu-tunggu orang, jadi kalau ditanya akan laku atau tidak, pasti laku, mengapa ? berikut penjelasannya :

Saya akan memulai dengan mengajak kita semua memikirkan kembali, apa yang membuat sang artis ini terkenal di Indonesia ? pertanyaan ini mengesampingkan tentang jenis film yang dia mainkan di Jepang. Jawabannya sebenarnya cukup sederhana, yaitu kecantikan Ozawa yang cocok dengan selera cowo-cowo di Indonesia, karena kalau dilihat, Ozawa memiliki kecantikan yang berbeda dengan artis-artis Jepang lainnya, Ozawa memiliki wajah Indonesia.

Sehingga sekarang tantangannya adalah bagaimana membuat orang-orang yang datang menonton bukanlah orang-orang maniak JAV yang mengharapkan adegan-adegan yang sudah jelas-jelas gak mungkin ada.

Menjawab tantangan itu ditambah dengan latar belakang mengapa dari sekian banyak artis JAV hanya Miyabi yang terkenal di Indonesia, maka solusi yang akan saya ambil memang lebih banyak ke strategi PR yang dibungkus dengan serangkaian acara, untuk menyatakan secara implicit bahwa tidak mungkin Ozawa melakukan peran Miyabi yang tidak senonoh di Menculik Miyabi, keseluruhan program akan dinamakan Ozawa : “You are so special, Indonesia..!”

Pemilihan kata Ozawa sendiri adalah karena Miyabi (yang merupakan nama panggung dari Ozawa) sudah lekat sekali dengan JAV, jadi dari semua program, Ozawa akan dipanggil Ozawa, bukan Miyabi. Sehingga kalau boleh dibilang, Brand yang kita tonjolkan adalah “Ozawa”, bukan “Miyabi”-nya. Kemudian pemilihan tema ini juga lebih untuk menciptakan sosok Ozawa yang kagum akan budaya Indonesia yang penuh santun dan sangat welcome.

1. Siapa yang lebih kenal Indonesia ?

Aktivitas ini akan diadakan bekerja sama dengan salah satu program Quiz di televisi, konsepnya adalah kita menanyakan beberapa pertanyaan seputar Indonesia, misalkan pakaian adat orang Papua, atau yang umum seperti berapa jumlah propinsi di Indonesia. Tentunya behind the scene, Ozawa akan di brief dulu tentang pertanyaan yang akan ditanyakan, sehingga kira-kira 80% sampai 90% pertanyaan bisa dijawab dengan benar. Sedangkan orang Indonesia yang ditanyakan langsung dipilih random dari Jalanan dan ditanya di jalanan itu juga…

Contoh :

Scene 1 – Pembawa acara menanyakan “Apa nama ibukota Kalimantan Barat ?”

Scene 2 – Ozawa tampak berpikir / menjawab dengan tegas “Pontianak”

Scene 3 – WNI 1 di jalanan : “Emm… Makassar ?”

Scene 4 – WNI 2 di jalanan : “Banjarmasin!!”

Tentu saja scene 3 dan 4 bisa dilanjutkan scene 5 dan seterusnya, dan yang ditampilkan dipilih yang menjawab salah, dan sedikit dari yang menjawab benar

Aktivitas ini pada endingnya akan menanyakan kepada Ozawa, mengapa dia sangat mencintai Indonesia. Tujuannya adalah menyadarkan orang-orang di Indonesia bahwa seorang Ozawa ternyata juga mencintai Indonesia, bahkan mungkin lebih dari orang-orang Indonesia sendiri yang terkadang malah lebih mencintai Negara lain sampai-sampai sok-sok-an merasa pantas menilai sesuatu secara tidak bijaksana. Sebagai penutup, Ozawa akan meneriakan “You Are So Special, Indonesia…!!”

2. Memasak Kuliner Indonesia bersama Ozawa

Aktivitas ini juga akan dijalankan bekerja sama dengan acara info kuliner yang ditayangkan ketika jam makan siang, disini pembawa acara akan berperan sebagai tour guide untuk Ozawa yang merekomendasikan satu restoran dengan sajian masakan khas Indonesia. Ozawa akan mencicipi makanan-makanan khas Indonesia dan akan belajar memasak makanan yang paling dia sukai dengan dalih agar dia tetap bisa menikmati kuliner Indonesia kesukaannya di negara asalnya. Behind the scene tentu saja Ozawa akan dipandu oleh koki yang berpengalaman di dapur maupun di depan kamera, sehingga Ozawa dalam memasak akan terlihat sedikit ahli namun kebanyakan amatirnya.

Aktivitas ini pada endingnya akan menanyakan kepada Ozawa, apa beda yang paling mendasar antara makanan Indonesia dan Jepang. Tujuannya adalah terjadi pertukaran budaya secara sederhana pada acara ini, juga selain itu agar pada muda-mudi sadar bahwa kuliner merupakan kebudayaan juga, jangan sampai Nasi Padang kita di klaim menjadi milik Malaysia. Sebagai penutup juga, Ozawa akan meneriakan “You Are So Special, Indonesia…!!”

3. Ozawa dan tari tradisional Indonesia

Ozawa akan menampilkan salah satu tarian tradisional Indonesia dalam kostum tarian tradisional Indonesia. Tentunya sebelum tarian ditampilkan, akan ditampilkan juga Video dokumentasi perjalanan Ozawa dalam latihan menari tarian yang akan ditampilkan. Tarian dan video akan ditampilkan pada aktivitas nomor 4 dibawah.

Aktifitas ini diharapkan dapat membuka mata rakyat Indonesia, bahwa budaya tari daerah itu harus dan pantas kita lestarikan. Jangan sampai goyang ngebor ala inul disangka sebagai tari tradisional Indonesia.

Pada acara ini juga akan ditampilkan juga penari modern dance Indonesia yang juga akan menampilkan tarian modern dance yang lebih akrab dimata rakyat Indonesia saat ini. Dengan catatan yang sangat penting, tarian modern dance itu akan banyak menyerap unsur-unsur tarian tradisional yang baru saja dibawakan oleh Ozawa. Tujuannya adalah agar masyarakat Indonesia bisa melihat kreativitas hasil karya orang Indonesia, kita bisa melihat bahwa tarian tradisional ternyata sangat indah dan tidak membosankan.

4. Puncak Acara – Ozawa : “You Are So Special, Indonesia..!”

Pada puncak acara, akan bekerjasama dengan satu acara show yang campur-campur, acara yang didalamnya ada lawak, ada music, ada gossip, ada talk show, dan lain-lain. Disini Ozawa akan diinterview dengan pertanyaan-pertanyaan yang sama sekali tidak menyinggung Miyabi sang artis JAV, melainkan pertanyaan hanya akan seputar pengalaman dia selama di Indonesia dan kesan setelah berinteraksi dengan orang-orang Indonesia. Pertanyaan seputar aktifitas-aktifitas diatas (program 1 sampai 3) juga bisa menjadi pembahasan yang baik. Ozawa akan menjawab pertanyaan dengan jawaban-jawaban yang menunjukan kekaguman Ozawa pada Indonesia, tentang bagaimana seharusnya kita sebagai orang Indonesia bangga akan budaya kita dan saling bahu-membahu membangun bangsa.

Pada acara ini juga sekilas perjalanan Ozawa di Indonesia akan ditampilkan melalui Video, dan ditutup dengan rangkaian tarian tradisional pada program nomor 3 yang akan dibawakan oleh Ozawa. Tentu saja kata-kata “You are so special, Indonesia..!” juga akan diteriakan di akhir acara.

Dengan tidak melupakan bahwa cukup banyak juga artis film dewasa yang kembali ke jalan yang benar, maka melalui rangkaian Ozawa : “You are so special, Indonesia”, Ozawa bisa menciptakan image bahwa Ozawa akan memulai bermain dalam film untuk segala umur dan itu dimulai karena fansnya di Indonesia.


Actions

Information

2 responses

17 11 2009
6 12 2009
bern

that right 😛 mhuauhauha that right 😛 mhuauhauha that right 😛 mhuauhauha

Leave a comment